Sony secara resmi mengakhiri layanan Playstation Store untuk PS3 dan PS Vita

Kabar buruk datang dari sebuah perusahaan di negeri Sakura. Berita ini dirancang khusus untuk pengguna Sony Gadget/Console. Berita ini mulai meledak beberapa bulan yang lalu dan akan terdengar dengan frekuensi yang meningkat pada awal tahun 2021.

Pada akhir kuartal pertama tahun 2021, Sony resmi menutup Gaming Store untuk Playstation 3 dan Playstation Vita. Judul game yang dibeli sebelumnya masih dapat dimainkan.

Mulai musim panas ini, Sony akan memblokir akses ke Playstation Store untuk dua konsol lama, dan game tersebut tidak akan lagi tersedia di toko online Sony untuk Playstation 3 dan Playstation Vita. Namun, judul game yang dibeli masih dapat dimainkan dan diunduh lagi kapan saja.

Menurut FAQ Sony, Playstation Store untuk Playstation 3 akan ditutup awal 2 Juli, sedangkan Playstation Vita masih bisa mengakses PS Store hingga 27 Agustus. Sony juga akan menghapus fungsi pembelian di Playstation Portable mulai 2 Juli.

Baca Juga: Judul Game PlayStation 5 yang Paling Dinanti
Unduhan Tetap mungkin

Jika Anda memiliki Playstation 3 atau PS Vita, Anda masih dapat mengakses dan mengunduh game dan konten media. Ini juga berlaku untuk game dari keanggotaan Playstation Plus. Menurut Sony, voucher untuk game dan langganan Playstation Plus masih bisa ditukarkan.

Selain itu, Anda masih dapat membeli apa yang disebut konten crossplay di aplikasi atau di browser, yang berfungsi pada konsol Sony yang lebih baru selain PS3 atau Vita.

Namun, mulai tanggal di atas, pembelian konten digital seperti game dan video di PS3, PS Vita, dan Playstation Portable tidak dapat lagi dilakukan. Selain itu, pembelian konten dalam game di masing-masing konsol tidak lagi dapat dilakukan. Kredit PSN akan tetap ada, tetapi tidak dapat lagi ditukarkan di konsol yang terpengaruh.

Sumber :