Blog

Tips Agar Bisa Tidur Lebih Awal

March 18, 2020
/
bumil tips , health and beauty
Tips Agar Bisa Tidur Lebih Awal image

Curhatan para ibu-ibu ini tentang sulitnya menjaga pola tidur di tengah kesibukan kerjaan dan rumah tangga membuat kita menulis tips-tips supaya kamu bisa tidur lebih awal. 

1) Plan your days weekly

misalnya tentukan hari kapan nyuci baju, nyuci sprei, belanja mingguan, dan puluhan rutinitas lainnya, buat jadwal tetap sehingga anda bisa membagi energi dengan lebih terencana. Begitu pula dengan pekerjaan-pekerjaan lainnya, usahakan untuk membuat perencanaan penyelesaian tugas secara mingguan, bagi energi anda ke dalam 5 hari kerja, jangan forsir satu pekerjaan dengan sistem kebut semalam karena sekali anda melonggarkan diri anda untuk melakukan hal tersebut, maka akan sulit untuk mendisiplinkan jam tidur anda secara rutin.Soal jam tidur ini, menurut mimin, berlaku peribahasa yang kurang ebih hampir sama dengan "karena nila setitik, rusak susu sebelanga", pola tidur kita yang sudah teratur dapat rusak selama berbulan-bulan hanya karena begadang semalam akibat harus mengejar deadline. so manage your monthly, daily and weekly task wisely.

2) Jika jam biologis anda mulai terbentuk, jangan dilawan!

Misalnya anda mulai membiasakan dan "memaksakan" diri untuk tidur sebelum jam 10 dan sudah berhasil mengerjakannya selama beberapa hari. Pasti selanjutnya tubuh anda telah menyesuaikan diri dengan pola tersebut yaitu sebelum jam 10 anda akan terasa mengantuk. Nah, rasa kantuk itu jangan dilawan. Jika sudah mulai terasa mengantuk, maka itu adalah sinyal bahwa anda harus segera bersiap tidur, jangan dilawan rasa kantuknya untuk pergi tidur lebih lama lagi karena akan merusak pola yang mulai dibentuk oleh tubuh.

3) Kondisikan lingkungan sekitar dan kamar anda untuk tidur tepat waktu.

Jika anda ingin tidur jam 10, maka dari jam 9.30 anda telah memastikan tempat tdr anda rapih dan nyaman, bersihkan sprei dan sarung bantal, set aromaterapi jika anda membutuhkannya, atur suhu kamar yang nyaman, dan sebagainya. Begitu pula dengan situasi di rumah, terkadang sulit untuk tidur tepat waktu jika saat anda ingin tidur, lingkungan sekitar rumah masih "bangun". Anda bisa mulai mematikan alat2 eletronik dan lampu-lampu di sekitar rumah dari sebelum jam tidur anda, memastikan anak-anak sudah tidur atau sudah siap tidur di kamar tidurnya masing-masing. Pastikan sudah tidak ada aktvitas yang berisik di atas jam 9 malam. Dengan kondisi yang mendukung, anda akan lebih mudah untuk tidur tepat waktu.

4) Batasi jam malam gadget dan disiplin dengan aturan tersebut.

Misalnya, anda menetapkan untuk tidak menyentuh gadget setelah jam 8 malam jika memungkinkan, maka laksanakanlah aturan tersebut dengan disiplin, maka hal tersebut dapat membantu anda untuk tidur lebih tepat waktu.

dari telah membeli
sekitar lalu