Blog

Konsisten Makan Sehat Ketika Bepergian

Konsisten Makan Sehat Ketika Bepergian image

Melakukan perjalanan baik itu dalam rangka liburan maupun perjalanan bisnis, tetap memiliki tantangan tersendiri bagi para penggiat hidup sehat dan pola makan sehat. Pasalnya ketika melakukan perjalanan jauh, kita cenderung lebih mudah lapar. Hal ini dikarenakan energi yang dikeluarkan oleh tubuh kita mungkin lebih besar dari biasanya ketika melakukan perjalanan jauh, meski hanya duduk di mobil atau pesawat. Nah karena lebih mudah lapar, seringkali rasa lapar muncul di saat yang kurang tepat, dimana kita tidak memiliki banyak pilihan menu makanan untuk dimakan. Akhirnya, makanan apa saja dimakan, yang penting rasa lapar hilang.

Bepergian lebih dari 3 hari saja sudah cukup merusak pola diet sehat anda dan anda butuh effort lebih untuk mengembalikan pola hidup dan pola makan anda seperti semula. Bagaimana tips-tipsnya supaya dapat tetap melaksanakan pola makan sehat meski sedang berada dalam perjalanan? Beberapa cara berikut ini mungkin dapat membantu:

1. Membawa bekal makanan sehat dari rumah, simpan dan atur dengan baik agar makanan tersebut tidak basi di jalan. Bekal yang cukup selama perjalanan dapat mencegah Anda dari rasa lapar berlebih. Rasa lapar inilah yang pada akhirnya dapat membuat porsi makan Anda menjadi lebih besar. Lebih bagus lagi jika bekalnya ada yang bisa tahan lama, misalnya bawa lauk setengah masak yang sudah dibungkus daun pisang yang nanti bisa dipanaskan dan dijadikan menu selama berada di tempat tujuan. Jika Anda tidak sempat membawa bekal, cara-cara selanjutnya mungkin dapat membantu.



2. Carilah Tempat Makan Yang Sehat
. Mestinya saat ini sudah lumayan ada beberapa gerai-gerai yang menyajikan masakan sehat ya terutama di kota-kota besar. Usahakan untuk tidak berhenti di gerai makanan cepat saji (fastfood). Sebagian besar makanan cepat saji mengandung banyak kalori, gula tambahan, penyedap rasa dan garam yang tinggi. Kalau kamu bepergian ke kota-kota kecil dan tidak menemukan tempat makan sehat, sebaiknya carilah minimarket atau toko makanan yang menjual lebih banyak variasi makanan yang lebih sehat, seperti buah-buahan segar dan sayuran.



3. Makanlah Lebih Sering Dalam Jumlah Kecil. Makan makanan sehat dalam jumlah kecil dapat memberikan sinyal pada otak bahwa perut Anda masih dalam keadaan kenyang. Hindari makanan yang mengandung kalori tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi kalori dapat membuat Anda lesu dan mengantuk.



4. Makan Banyak Protein. Makan makanan berprotein dapat menstabilkan kadar gula darah Anda, meningkatkan konsentrasi dan tidak membuat tubuh Anda gemuk. Anda bisa mendapatkan sumber protein dari telur, ikan, ayam atau biji-bijian. Bawalah makanan ini untuk mencukupi kebutuhan protein harian Anda dalam perjalanan.



5. Bawalah Bekal Camilan. Mengapa Anda perlu membawa camilan? Saat Anda dalam perjalanan, Anda pasti akan cenderung melewatkan waktu makan Anda, sehingga saat Anda menemukan rumah makan, Anda akan makan dengan porsi yang lebih besar. Nah, di sinilah tugas camilan bagai Anda. Camilan dapat mencegah Anda makan dalam porsi yang lebih besar, sehingga Anda tidak menyimpan terlalu banyak kalori dalam tubuh. Bawalah camilan yang sehat seperti almond, yogurt, buah beri atau telur rebus. 



6. Hindari Makanan Yang Mengandung Bahan Kimia. Saat di perjalanan Anda harus menghindari makanan atau minuman yang mengandung bahan kimia tambahan seperti minuman bersoda, camilan yang manis-manis, asin, atau minuman beralkohol dan sebagainya. Makanan ini mengandung banyak sekali zat aditif atau bahan makanan tambahan yang dapat merugikan kesehatan Anda. Selain itu, makanan ini juga dapat membuat energi Anda cepat terkuras.



7. Minum Banyak Air Putih. Tubuh Anda memerlukan banyak air untuk proses metabolisme. Minum banyak air juga dapat menyingkirkan racun dalam tubuh, membuat kulit terlihat segar, dan mencegah Anda untuk tidak makan terlalu banyak. Terlebih lagi, air dapat menjaga Anda agar tetap terhidrasi dengan baik selama perjalanan.


Selain memperhatikan pola makan sehat saat bepergian, Anda juga harus menjaga energi dan konsentrasi Anda selama di perjalanan, apalagi jika Anda adalah pengemudinya. Caranya, berhentilah setiap 2 jam untuk beristirahat, kemudian lakukan peregangan, agar otot tubuh Anda tidak mengalami kram dan konsentrasi Anda tetap terjaga selama perjalanan. Have a Safe Trip!

 

dari telah membeli
sekitar lalu