Blog

Kenapa harus tidur jam 9 malam?

Kenapa harus tidur jam 9 malam? image

Berikut ini manfaat tidur di bawah jam 10 untuk kecantikan kulitmu.

Masih ingat Rumus 8-11-3? Bagi yang belum pernah dengar rumus ini, 8-11-3 in adalah cara mudah mengingat waktu-waktu penting bagi tubuh dan kulit di malam hari agar kita memahami mengapa bagus bagi kita untuk tidur lebih awal. Namun untuk mengawali kebiasaan ini, semuanya akan bermula dari niat untuk hidup sehat. Jika saat ini anda memiliki niat untuk hidup sehat, maka artinya anda sudah siap untuk menerapkan apa yang akan kita pelajari dalam artikel ini.

Banyak usaha yang dilakukan orang-orang untuk hidup sehat, seperti menjaga pola makan, olahraga rutin dan sebagainya. Bila Anda sudah menjaga pola makan dan rutin berolahraga tapi tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup setiap malamnya, maka semua usaha hidup sehat Anda hanya sia-sia. Sebab, lama dan kualitas tidur memegang peran penting pada perkembangan kesehatan tubuh Anda.

Menurut teori kesehatan, tidur yang cukup adalah selama 7-8 jam di malam hari. Lama tidur tujuh sampai delapan jam sebenarnya direkomendasikan hanya untuk orang dewasa, termasuk lansia. Sementara itu, orang dengan usia muda seperti anak-anak dan remaja memiliki jam tidur yang lebih panjang dibandingkan orang dewasa. Berikut adalah lama tidur yang direkomendasikan sesuai dengan kategori usia:

  • Bayi atau balita: 16-18 jam
  • Anak prasekolah: 11-12 jam
  • Anak SD: 10 jam
  • Remaja: 9-10 jam
  • Dewasa dan lansia: 7-8 jam

Apa Saja Manfaatnya Jika Jam Tidur Sesuai Rekomendasi?

1. Membuat Umur Panjang

Hal ini dibuktikan oleh periset asal Inggris dan Italia yang menganalisis data dari 16 studi terpisah. Penelitian ini melibatkan lebih dari 1,3 juta orang dengan melihat kebiasaan tidurnya. Fakta mengejutkan menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam setiap malam cenderung berisiko mengalami kematian dini sebesar 12 persen.

Mereka juga menemukan bahwa orang yang mengurangi waktu tidur dari tujuh jam menjadi lima jam atau kurang memiliki 1,7 kali risiko kematian lebih cepat. Maka secara tidak langsung, hal ini menunjukkan bahwa salah satu manfaat tidur cukup adalah memanjangkan harapan hidup.

2. Mengendalikan Nafsu Makan

Saat Anda tidur di malam hari, kebutuhan kalori akan berkurang karena minimnya pergerakan. Hal inilah yang membuat kebutuhan energi menjadi menurun. Namun, saat Anda kurang tidur, organ otak akan menurunkan kadar leptin, yaitu hormon yang menciptakan rasa kenyang. Akibatnya, Anda menjadi mudah lapar. 

Kemudian, Anda akan dipacu untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh sehingga pada akhirnya Anda memutuskan untuk makan lebih banyak. Hal ini akan diperparah bila Anda kurang berolahraga sehingga berat badan Anda semakin tidak dapat dikendalikan.

3. Meningkatkan system Imun Tubuh

Saat Anda tidur, sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan senyawa yang disebut sitokin. Senyawa ini memiliki efek perlindungan pada sistem kekebalan tubuh Anda dengan membantu melawan peradangan dan infeksi. Tanpa tidur cukup, Anda mungkin tidak memiliki cukup sitokin untuk menghalangi tubuh Anda dari sakit.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2013 menemukan bahwa kurangnya jam tidur dapat meningkatkan jumlah senyawa peradangan di tubuh. Kondisi ini sama dengan saat Anda mengalami asma atau alergi.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Tidur selama tujuh sampai delapan jam dapat membuat Anda mengalami semua tahap tidur. Dua fase tidur, yaitu fase REM dan slow wave sleep dapat melancarkan proses mengingat dan berpikir kreatif. Sementara itu, orang yang kurang tidur akan mengalami beberapa hal yang dapat mengganggu daya ingat, di antaranya:

  • Sulit menerima informasi, karena neuron pada otak bekerja terlalu keras.
  • Cenderung menafsirkan kejadian secara berbeda.
  • Cenderung hehilangan kemampuan untuk mengingat-ingat informasi tertentu.

5. Mempercantik Kulit

Nah, disinilah berlaku rumus 8-11-3 tadi. Menurut teori kesehatan, tidur selama 8 jam di malam hari akan memaksimalkan proses detoxifikasi, regenerasi sel kulit, dan perbaikan sel-sel kulit yang rusak dalam tubuh kita. Menurut pakar spesialis kulit Geoff Wright, jam 8 - 11 malam adalah waktu dimana tubuh mengatur sistem kulit untuk melembabkan dan merangsang diri mereka untuk persiapan regenerasi sel. Menurut penelitian yang serupa, waktu tubuh melakukan regenerasi sel adalah dari pukul 11 malam hingga jam 3 pagi KETIKA SEDANG TIDUR LELAP. (Inget ya, proses ini terjadi hanya jika kita sedang tidur lelap, artinya mulai tidurnya harus jauh sebelum jam ini karena butuh waktu dari awal tertidur untuk masuk ke fase deep sleep).

Proses regenerasi sel ini dibarengi dengan penyediaan nutrisi dari tubuh, sebagai "bahan bakar" untuk melakukan proses regenerasi tersebut. Jadi tubuh kita sendiri yang menyediakan nutrisinya, oleh karena itu bahan bakunya harus cukup. Darimana bahan bakunya? Bahan bakunya berasal dari enzym yang kita dapat dari sayuran dan buah-buahan. Masalahnya seringkali kita tidak memenuhi kebutuhan enzyme yang cukup di tubuh kita. Tidak hanya itu, bahkan sering kita perburuk dengan memasukkan makanan-makanan yang tidak sehat. Nah, jika tubuh kita tidak memiliki bahan baku yang cukup untuk melakukan proses regenerasi, tubuh membutuhkan bahan baku tambahan, baik dari suplemen maupun skincare.

Jadi bagaimana agar proses regenerasi dan perbaikan kulit optimal di malam hari sehingga semakin hari kulit kita semakin bagus? Kembali ke rumus 8 – 11 – 3 . Dari pukul 8 – 11 malam adalah waktu dimana tubuh mengatur sistem kulit untuk melembabkan dan merangsang diri mereka untuk persiapan regenerasi sel,  jadi sebaiknya sebelum jam 8 malam kita sudah menutrisi kulit dengan serum dan cream malam, lalu tidur sekitar pukul 8.30 – 9 malam.

Jika tidur antara pukul 8 hingga 9 malam, yang terjadi adalah ketika tubuh mulai melembabkan dan merangsang kulit (antara pukul 8-11), nutrisi dari skincare kita dapat terserap dengan optimal untuk digunakan sebagai bahan baku di fase selanjutnya (pukul 11-3). Jika proses ini berjalan dengan optimal setiap hari, maka dalam beberapa minggu saja anda akan melihat perubahan yang signifikan pada kulit anda. Jangan lupa, tunjang proses ini dengan mendisiplinkan pola makan yang sehat ya!

dari telah membeli
sekitar lalu