Blog

Cantik-cantik, kok bau mulut?

March 10, 2020
/
eco friendly , woman empowerment
Cantik-cantik, kok bau mulut? image

Kulit udah bagus tapi orang menjauh karena mulut yang bau? Jangan sampa ya moms! Bau mulut sering menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan diri dan merasa khawatir bau mulut yang dialami akan mengganggu orang lain. Meski demikian masalah bau mulut ini seringkali dianggap sepele, mungkin karena bukan penyakit yang berbahaya ya. Apalagi banyak iklan-iklan yang menawarkan solusi instan dengan obat kumur & pasta gigi.

Kenyataannya, obat kumur hanya menyelesaikan masalah sementara, bahkan kalau keseringan berkumur dengan obat kumur, rongga-rongga mulut bisa gampang lecet. Sesering apapun berkumur dengan obat kumur, kalau akar masalahnya tidak dibenahi, tetap saja akan kembali bau lagi. Lalu orang akan cenderung terus mengulangi berkumur lagi, padahal meski sudah rutin berbulan-bulan menggunakan obat kumur, bau mulut akan terus kembali.

Perlu dipahami bahwa ada 2 penyebab utama masalah bau mulut, yaitu pertama yang bersumber dari masalah gigi dan mulut; dan yang kedua adalah masalah yang tidak bersumber dari gigi dan mulut, yaitu masalah pencernaan. Jika masalahnya ada pada gigi dan mulut, biasanya lebih mudah terlihat sumbernya, misalnya ada gigi yang berlubang, infeksi gusi dan sebagainya. Namun, jika masalahnya di pencernaan, biasanya banyak orang tidak menyadarinya.

Sistem pencernaan adalah organ yang saling sambung, mulai dari mulut, esophagus, lambung, usus halus, usus besar, anus. Karena sistemnya saling berhubungan, maka gangguan di satu area akan dapat menyebabkan gangguan di bagian lain juga. 

Bau mulut, sariawan, Sakit tenggorokan, maag, gangguan usus,  halus, sembelit, ambeien, dan masalah-masalah gangguan pencernaan lainnya semua saling terkait. Contoh: susah buang air besar, lalu jd sering sariawan. Ternyata punya maag juga, dan sering bau mulut. Atau ternyata maagnya sudah sampai tahap Gerd, akibatnya lidahnya sering putih (jamur), jadi mulutnya bau.

Menurut Bu Putu S. Kardha (Mama Gibs) dalam akun instagramnya @rainbowoflife, bau mulut bisa dibedakan berdasarkan 2 kondisi. Yang pertama bau mulut “permanen”, yaitu mulutnya setiap saat bau. Yang kedua, bau mulut yang muncul sesekali. Kondisi yang pertama biasanya orang tersebut belum mengenal pola makan yang sehat, atau ada akar penyakit tertentu seperti GERD atau infeksi gusi yang menyebabkan bau mulut.

Bau mulut yang kedua menurut mamagibs bisa jadi patokan untuk mendeteksi kondisi badan yang menurun atau pertanda akan sakit. Menurut pengalaman mamagibs, teori “semua berawal dari perut” itu betul-betul terbukti. Biasanya, kalau 3-5 hari sebelum anak atau suaminya sakit, mamagibs sudah menyadari bahwa bau mulutnya berubah dan meminta mereka untuk lebih “hati-hati” makannya. “Dulu mereka bilang: “Mama lebay!” ujar mamagibs dalam salah satu postingan Instagramnya, “Sekarang nggak lagi, terbukti puluhan kali prediksi mama tepat” tambah mamagibs.

Baik kondisi yang pertama maupun yang kedua, solusinya sama-sama membutuhkan makanan sehat Hindari gluten, susu, gula pasir, makanan-makanan kemasan, dan sebagainya. Anda bisa juga melakukan kumur VCO yang sering disebut dengan “oil pulling” setiap pagi dan juga berkumur air garam. Caranya:


1. Kumur 1 sdm VCO, setelah bangun tidur. Simpan di mulut 15-20 menit. Sesekali kumur perlahan. VCO menarik jamur/ bakteri buruk terkumpul. Buang ke tissue, taruh di tempat sampah. Jangan buang ke kloset/ WC/ Lubang cuci piring. Karena ini minyak yang akan memadat, bisa mengganggu saluran pembuangan air. 




2. Kumur air putih biasa, suhu normal. Lalu buang. 





3. Minum 1 gelas air putih, hangat atau normal.





4. Kumur air garam laut asli




Kesimpulannya jika ingin segera mengatasi masalah nafas dan mulut yang bau tidak sedap, segera ubah pola makan & rutin lakukan “oil pulling” dan kumur seperti cara di atas. InsyaAllah bau mulut akan hilang. Tidak Cuma itu, kata mamagibs, kalua rutin melakukan hal tersebut, bonusnya lidah akan berwarna semu pink, sariawan hilang, sakit tenggorokan malas mampir. Selamat mencoba!

 

dari telah membeli
sekitar lalu