Blog

Apa Itu Jerawat Mekanika (Acne Mechanica)?

Apa Itu Jerawat Mekanika (Acne Mechanica)? image

Acne mechanica (jerawat mekanika) adalah bentuk jerawat yang cukup umum terjadi, bentuknya bervariasi mulai dari seperti komedo kecil yang tidak mencolok hingga seperti papula dan pustula yang besar meradang.

Jerawat mekanika seringnya terjadi pada atlet, pelajar, dan tentara karena jenis jerawat ini dipicu oleh panas berlebih, tekanan, sentuhan atau gesekan kulit.

Jerawat mekanika dapat berkembang di mana saja, wajah atau tubuh (seperti punggung, bahu, atau bokong).

Jika Anda sudah memiliki kecenderungan berjerawat, Anda lebih mudah mengalami jerawat mekanika ini. Pada tahap awal munculnya jerawat ini, hanya terasa kulit agak kasar atau bergelombang, dan nggak terlihat seperti jerawat. Tetapi ketika jerawat mekanik berkembang, jerawat kecil ini dapat menjadi iritasi dan berkembang menjadi tonjolan yang lebih jelas dan meradang.

Perbedaan terbesar antara acne mechanica dan jerawat secara umum adalah penyebabnya. Sementara jerawat umum memiliki akar hormonal, penyebab acne mechanica sepenuhnya bersifat fisik dan bermuara pada satu sumber: gesekan.

Apa pun yang menahan panas di tubuh (seperti pakaian, topi, dll), untuk waktu yang lama, dan juga bergesekan atau memberi tekanan pada kulit dapat memicu acne mechanica.



Yang berpotensi tinggi menimbulkan jerawat mekanika:

  1. Peralatan atletik

  2. Pembalut

  3. Helm

  4. Tali dari ransel

  5. Tas, dan dompet

  6. Topi dan ikat kepala

  7. Tali bra

  8. Pakaian

  9. Jilbab

  10. Pakaian dalam ketat

  11. Sarung Bantal dan Sprei

Bagaimana membedakan jerawat biasa dengan Jerawat Mekanika?

Acne mechanica dan jerawat biasa terlihat hampir identik. Tetapi biasanya cukup mudah kok mengenali jerawat mekanika ini, simak ya cara mengenalinya:

  1. Kulit Anda relatif halus dan bersih di area lain, tetapi kasar di bagian tertentu. Misalnya, overall wajah anda bersih kecuali disekitar topi yang menempel di dahi anda. 

  2. Atau Anda hanya memiliki jerawat di satu bahu tempat anda biasa menggendong tas.

  3. Jerawat tubuh Anda tiba-tiba berkembang setelah Anda mulai berolahraga

  4. Jika anda seorang atlit, anda memiliki jerawat saat musim pertandingan dan latihan, dan ketika musim berakhir, jerawat tersebut hilang.

  5. Jerawat punggung dan bahu Anda hilang selama liburan tetapi muncul lagi setelah masuk rutinitas dengan tas ransel setiap hari.

Bagaimana mengatasi Jerawat Mekanika

Mengenakan kain sintetis seperti bahan polyester dapat memperburuk jerawat mechanica karena memerangkap panas di tubuh. Kapan pun memungkinkan, kenakan kain alami seperti linen yang bisa bernapas. Karena sebagian besar seragam olahraga terbuat dari kain sintetis, coba kenakan kaus katun di bawahnya. Ini sangat membantu untuk mengurangi jumlah gesekan pada kulit. Jika memungkinkan, cobalah untuk menghindari hal-hal yang dapat menggosok kulit Anda di daerah di mana Anda cenderung berjerawat. Gunakan tas genggam alih-alih tas ransel. Jangan memakai topi,tutup kepala yang ketat, atau ikat kepala untuk waktu yang lama, jika harus menggunakan tutup kepala, gunakan yang longgar dan berbahan alami. Tentu anda tidak harus berhenti mengenakan alat pelindung seperti helm dan bantalan atletik. Tetapi Anda dapat mandi segera setelah selesai olahraga untuk membilas keringat yang menjadi sarang bakteri penyebab jerawat.

 

Selebihnya, lakukan seperti tips-tips mencegah jerawat yang sudah sering dibahas sebelumnya, antara lain: 

melakukan gaya hidup sehat, pola makan dan minum yang tepat, rajin membersihkan wajah dan tubuh, dan perhatikan kebersihan di sekelilingmu.



dari telah membeli
sekitar lalu