Blog

Air Mawar, Rahasia Kecantikan Cleopatra

Air Mawar, Rahasia Kecantikan Cleopatra image
Semua tentu sudah tau kisah Sang Ratu Mesir, Ratu Cleopatra yang terkenal akan kecantikan dan keanggunannya. Negara Mesir di Timur Tengah adalah negara yang sebagian besar wilayahnya adalah gurun dan padang pasir sehingga cuacanya sangat panas. Bagaimana Ratu Cleopatra bisa menjaga kulitnya tetap lembab dan bercahaya kala itu? Ternyata salah satu rahasia perawatan kulitnya adalah bunga mawar.

Dikutip dari Merdeka.com, "Air mawar telah digunakan selama berabad-abad di Timur Tengah karena khasiat pengobatan dan meremajakannya," tutur ahli dermatologi Dr. Kally Papantoniou kepada situs gaya hidup Bustle. "Bisa melembapkan kulit, memiliki kandungan anti-mikroba alami, dan mengandung antioksidan alami yang bisa membantu memulihkan serta mencegah kerusakan kulit dan bekas luka." Lebih jauh, Dr. Papantoniou mengatakan kalau air mawar juga cocok untuk semua jenis kulit, termasuk yang kering, sensitif, dan berjerawat.




Dilansir Holistic Health Herbalist, air sari mawar kaya akan vitamin C. Tak hanya merevitalisasi kulit dan melembapkan, air mawar juga dapat meringkas pori-pori dan menenangkan kulit yang iritasi. Ini karena sifat anti-inflamasi dan pH yang seimbang.

Kelopak mawar merupakan bahan dasar untuk pembuatan air mawar. Beberapa produk kosmetik telah membuat formula air mawar sendiri dengan cara penyulingan. Anda juga bisa membuat air mawar sendiri di rumah. Berikut adalah cara membuat air mawar dan menggunakannya sebagai merawat kecantikan Anda di rumah :

1. Rebus air dan masukkan kelopak mawar segar. Biarkan sampai mendidih.

2. Angkat panci dan dinginkan air mawar. Setelah beberapa jam, masukkan air mawar ke lemari es selama sekitar 24 jam. Jangan buka tutup panci. Biarkan wadah air mawar tetap tertutup.

3. Setelah dingin, saring kelopak mawar dan simpan ekstraknya ke dalam botol kedap udara (airless bottle). Untuk menjaga air mawar tetap segar, selalu simpan di kulkas.

Manfaat air mawar untuk wajah:

1. Gunakan kapas untuk menerapkan air mawar pada wajah Anda. Air mawar bisa membersihkan wajah, membuat pori-pori terbuka, dan menyegarkan kulit.

2. Tambahkan beberapa tetes air mawar untuk melembabkan kulit. Anda bisa mencampurkannya pada produk kosmetik atau sebagai pelarut masker Anda.

Sekian pengetahuan hari ini, semoga bermanfaat ya!
dari telah membeli
sekitar lalu