Blog

Menjadi Ibu Muda Produktif yang Bermanfaat bagi Lingkungan

November 26, 2019
/
woman empowerment
Menjadi Ibu Muda Produktif yang Bermanfaat bagi Lingkungan image

Siapa bilang kalau Oceandear tidak bisa tetap produktif setelah punya anak? Di era modern seperti sekarang, kamu punya lebih banyak kesempatan untuk melakukan berbagai aktivitas produktif. Tentunya tanpa harus meninggalkan kewajiban sebagai ibu muda. Bahkan dengan melakukan aktivitas yang tepat, kamu juga bisa sekaligus memberikan dampat positif terhadap lingkungan sekitar kamu. Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Ganti diaper anak dengan clodi

Anak yang belum bisa buang air sendiri biasanya akan dipakaikan popok sekali pakai atau diaper. Walaupun niat kamu adalah menjaga kenyamanan aktivitas anak, pemakaian diaper sebetulnya berdampak kurang baik terhadap lingkungan. Menurut riset World Bank pada 2017, popok bayi sekali pakai menyumbang 21% komposisi sampah laut. Hal ini bisa berdampak pada penurunan hormon seks dan perubahan kelamin pada biota laut. Belum lagi penurunan kemampuan menetas pada telur ikan.

Sebagai solusinya, Oceandear bisa mengganti diaper dengan clodi yang bisa dicuci dan dipakai lagi. Tentunya clodi bisa menjadi pengganti yang lebih ramah lingkungan tanpa harus mengganggu kenyamanan dan kebersihan anak.

Berikan makanan berlebih ke orang sekitar

Oceandear, tahukah kamu bahwa tiap tahunnya ada sekitar 13 juta ton makanan yang dibuang oleh masyarakat Indonesia? Daripada membuang makanan berlebih yang kamu masak di rumah atau beli dari restoran, kamu bisa menyumbangkan makanan tersebut melalui tren food donations.

Bisa kamu berikan ke badan-badan yang memang menerima sumbangan makanan atau dibagi saja ke tetangga sekitar kamu. Jadi, tidak hanya mencegah pencemaran lingkungan karena buang-buang makanan, kamu juga bisa sekaligus berbagi ke orang lain. Let’s #choosetobekind!

Selalu bawa tumbler ke manapun

Air mineral merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Idealnya, manusia di anjurkan untuk minum 1,5 liter air atau sekitar delapan gelas air dalam sehari. Apalagi kamu termasuk ibu muda produktif yang punya banyak kegiatan, tentunya kebutuhan akan asupan air dan mineral akan meningkat.

Nah, daripada bolak-balik membeli air mineral kemasan plastik di minimarket, akan jauh lebih baik kalau Oceandear membawa tumbler sendiri saat beraktivitas sehari-hari. Saat air di dalam tumbler habis, kamu bisa mengisi ulangnya di kantor. Ingat, sampah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat terurai. Dengan menggunakan tumbler, kamu bisa membantu mengurangi penggunaan plastik.

Less paper at work

Selain plastik, kertas juga menjadi jenis sampah lain yang berpotensi merusak lingkungan. Seperti yang sudah kamu tahu, kertas berasal dari pohon. Semakin banyak kertas yang kamu pakai, maka semakin banyak pula pohon yang ditebang untuk menghasilkan kertas. Tentu ini bukanlah hal yang baik untuk lingkungan, apalagi jumlah sampah kertas di Indonesia diperkirakan mencapai 17.000 ton per hari.

Masalahnya, sebagai ibu muda produktif, banyak aktivitas yang menuntut kamu untuk menggunakan kertas. Contohnya seperti mencatat hasil meeting dan mencetak dokumen kerja. Kabar baiknya, hal ini bisa diminimalisir, kok. Daripada menulis di atas kertas, kenapa Anda tidak memanfatakan aplikasi notes pada smartphone? Lalu, jika ada dokumen yang harus dibaca, sebaiknya baca saja terlebih dulu di smartphone. Jadi, apabila ada revisi, Anda tidak akan buang-buang kertas.

 

Selama dilakukan dengan tepat, Anda tetap bisa menjadi ibu muda yang produktif dan positif. Bahkan melalui berbagai aktivitas di atas, Anda juga akan sekaligus membantu melindungi lingkungan. Yuk, jadi contoh yang baik buat anak-anak agar ia bisa sayang dan cinta lingkungan sejak dini!

from has purchased
about ago