Blog

Cystic Acne Solution

February 20, 2019
/
Acne
Cystic Acne Solution image

Cystic acne atau yang lebih dikenal dengan sebutan jerawat batu merupakan jenis infeksi yang terbentuk jauh di bawah jaringan kulit. Jerawat dengan jenis ini selalu muncul dengan ukuran yang cukup besar, disertai dengan kemerahan, dan timbul efek nyeri saar tersentuh. Selain rasa sakit yang cukup mengganggu, penyembuhan cystic acne sendiri juga cukup membutuhkan waktu lama. Bahkan, tak sedikit pula yang butuh waktu tahunan untuk benar-benar hilang. Buruknya lagi, jenis jerawat ini biasanya juga akan meninggalkan bekas yang sukar hilang. Cystic acne dikenal juga sebagai milium, yakni berupa benjolan di permukaan kulit yang meradang dan tidak bermata.

Mengonsumsi obat-obatan untuk jerawat saja tidak cukup untuk menyingkirkan jerawat batu dan mencegahnya muncul kembali. Konsumsi obat-obatan tersebut perlu diikuti juga dengan perubahan gaya hidup yang sehat dan higienis, misalnya dengan melakukan langkah-langkah berikut:

  • Luangkan waktu untuk bersantai dan menenangkan pikiran, karena stres bisa memicu produksi hormon yang bisa memperparah jerawat batu.

  • Tidur yang cukup.

  • Berolahraga juga bisa membantu. Tetapi jangan lupa, bersihkan kulit setelah berolahraga.

  • Jaga kebersihan tangan karena bagian tubuh ini sering menyentuh bagian wajah Anda. Tangan kotor penuh kuman bisa memperparah jerawat batu.

  • Kurangi kebiasaan buruk memencet jerawat.

  • Cuci wajah Anda dua kali sehari. Gunakan sabun yang lembut dan usap wajah dengan perlahan, lalu bilas dengan air hangat. Tidak hanya itu, rajin mandi khususnya setelah beraktivitas seharian akan turut menjaga kebersihan kulit dari minyak dan keringat yang bisa memicu munculnya jerawat.

  • Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari yang bisa memperburuk kulit berjerawat.

  • Hindari mengaplikasikan wajah dengan facial scrub, masker, astringen, atau produk yang mengandung minyak. Produk-produk tersebut bisa memperparah jerawat Anda.

  • Ketika memiliki jerawat, Anda pasti ingin menyentuh atau memencetnya. Kebiasaan ini justru bisa menyebabkan infeksi atau luka, terlebih jika kondisi tangan Anda kotor.

  • Perhatikan apa saja yang sering bersentuhan dengan wajah Anda, seperti rambut, ponsel, kerudung, helm, topi, atau handuk. Pastikan kebersihan benda-benda tersebut.

Jika Kamu memiliki jerawat batu, jangan didiamkan begitu saja. Periksakan ke dokter agar Kamu segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. Hindari menanganinya sendiri di rumah.

dari telah membeli
sekitar lalu