Blog

Cara Merawat Kulit Kusam dan Kering

February 22, 2019
/
Kulit Kusam & Kering
Cara Merawat Kulit Kusam dan Kering image

Kulit yang normal adalah kulit yang memiliki lapisan alami, yaitu zat lemak yang melindungi kulit dari kekeringan. Zat lemak ini membuat kulit tetap lembut dan halus. Kondisi kekurangan cairan pada lapisan terluar kulit akan membuat kulit tampak kering. Kulit menjadi kering karena lapisan lemak yang melindungi tersebut perlahan terkikis. Kulit kering akan sering tampak pada bagian tubuh yang terbuka, seperti kaki, lengan, perut dan wajah.

Kulit kering bisa dialami siapa saja dan dari berbagai tingkat usia, walaupun yang paling sering mengalaminya adalah orang yang sudah berusia lanjut. Kulit kering bisa ditemui sebagai kondisi yang sudah dialami sebagian orang hampir seumur hidup, namun ada juga yang mengalami kulit kering karena sebab – sebab atau faktor tertentu yang hanya sementara. Salah satu penyebab wajah terlihat tua di usia muda adalah kulit yang kering.

1.  Penumpukan Sel Kulit Mati

Untuk memperbaharui dirinya, sel kulit melakukan regenerasi setiap jangka waktu tertentu. Untuk usia dewasa, kulit melakukan regenerasi sel setiap 28 hari sekali. Sebelum mencapai siklus regenerasi ini, sel kulit yang mati akan terkumpul pada permukaan kulit dan membuat tampilan kulit wajah menjadi kusam. Agar terhindar dari masalah ini, kamu dapat melakukan eksfoliasi fisik setidaknya 2-3 kali seminggu untuk membantu mengangkat sel kulit mati. 

2. Paparan Polusi Udara

Masalah kulit kusam biasa mengintai seseorang yang sering beraktivitas di luar ruangan. Paparan sinar matahari dan polusi udara merupakan salah satu penyebab kulit kusam. Sinar matahari, polusi, dan debu dapat menyebabkan kelembapan kulit berkurang dan membuat tampilan wajah menjadi kering dan kasar. Hal ini juga diperparah oleh kulit yang tidak mendapat perlindungan maksimal. Selain mengunakan skin care dengan kandungan SPF dan anti-oksidan yang tinggi, kamu juga bisa mengatasi masalah ini dengan berolahraga. Olahraga dapat memperlancar peredaran darah yang akan membantu penyerapan nutrisi dan pembuangan racun pada sel kulit.

3. Tubuh dan Kulit Mengalami Dehidrasi

Sebagai organ terbesar manusia, kulit membutuhkan asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan dan penampilannya. Selain memerlukan nutrisi dan vitamin, kulit juga memerlukan asupan air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat sirkulasi darah menjadi tidak lancar dan mengurangi volume darah yang dialirkan menuju kulit. Akibatnya, kulit akan terlihat kusam, pucat, dan mengalami penuaan dini. Pastikan kamu memenuhi konsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan dan dibantu dengan penggunaan produk skin care yang dapat menghidrasi kulit.

4. Kekurangan Collagen

Selain vitamin, kesehatan kulit juga dapat dijaga dengan asupan Collagen yang cukup. Jika kamu kekurangan asupan Collagen, salah satu ciri yang dapat dialami adalah kulit menjadi kusam dan kering. 

5. Salah memakai sabun

Tidak semua sabun mandi bagus untuk kulit. Memilih sabun mandi juga harus dengan cermat agar kulit tidak mengalami masalah kekeringan. Pilihlah sabun mandi yang mengandung pelembab juga supaya tidak membuat kulit semakin kering. Jangan gunakan sabun mandi untuk membersihkan muka.

 

dari telah membeli
sekitar lalu