Blog

Cara Menghilangkan komedo secara alami?

February 7, 2019
/
bumil tips
Cara Menghilangkan komedo secara alami? image

Mau menghilangkan komedo secara alami? Kamu harus tau dulu, apa sih komedo itu? Apa penyebabnya? Faktor-faktor apa saja yang dapat merangsang timbulnya komedo? Apakah berbahaya? Yuk kita kupas seluk beluk soal cara menghilangkan komedo.

Komedo adalah benjolan (papula) kecil pada permukaan kulit yang berwarna hitam. Komedo merupakan jenis jerawat yang tergolong ringan yang umumnya muncul pada wajah. Selain wajah, komedo juga bisa muncul di leher, dada, bahu punggung, dan lengan. Meskipun tidak membuat rasa sakit, namun komedo dapat mengganggu penampilan. Komedo sendiri terbagi menjadi banyak jenis, yakni:
.
- komedo hitam (Blackhead) adalah jenis komedo yang tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Terjadi ketika pori-pori membesar dan terbuka ke permukaan kulit dan ke kelenjar minyak, lalu teroksidasi oleh udara dan berubah menjadi warna hitam/coklat. Komedo jenis ini adalah komedo yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang.
- komedo putih (Whitehead) adalah jenis komedo yang tampak seperti bintik-bintik kecil yang berwarna putih atau kuning. Komedo jenis ini terjadi ketika minyak dan bakteri terperangkap di bawah permukaan kulit lalu mengeras.
- Mikrokomedo adalah komedo yang berukuran sangat kecil dan pada umumnya tidak tampak oleh mata. Pada umumnya, komedo mikro terjadi sebelum terjadinya komedo terbuka dan komedo tertutup. Dengan sangat kecilnya komedo mikro ini maka komedo mikro hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop.
- Makrokomedo adalah komedo yang besar dengan diameter rata rata diatas 1 mm. Komedo ini sangat mudah terlihat di wajah disebabkan ukurannya yang besar.Dal lebih sering muncul pada wajah daripada di leher.
- Komedo raksasa adalah komedo yang sejenis kista dimana terdapat ujung yang terbuka bewarna hitam diatasnya. Komedo raksasa ini juga berukuran besar seperti makrokomedo.
- Komedo solar adalah komedo yang pada umumya sering dijumpai pada pipi dan dagu lansia. Komedo solar ini dipercayai disebabkan oleh paparan sinar matahari yang mengenai bagian pipi dan dagu pada lansia umumnya.

Karena tidak terjadi inflamasi, komedo tidak terasa sakit. Komedo bisa mengalami peradangan jika dicungkil atau digaruk.Penyebabnya yang paling umum adalah sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel kulit. Karena kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara, maka warna komedo menjadi tampak hitam. Ada beberapa faktor yang dapat memicu tumbuhnya komedo, di antaranya:

- Meningkatnya jumlah bakteri propionibacterium acnes pada permukaan kulit.
- Iritasi folikel rambut yang menyebabkan sel kulit mati tidak rontok secara teratur.
- Mengalami perubahan hormon yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak, terutama pada saat remaja dan saat menstruasi.
- Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya steroid, lithium, atau pil KB.
- Kulit yang terlalu kering sebelum menstruasi karena pemakaian pelembap kulit atau berada dalam cuaca yang lembap.
- Memakai produk dengan bahan kimia tertentu, termasuk bbrp jenis kosmetik, pomade yang berminyak dan beberapa cat rambut.
- Makanan tertentu dapat menimbulkan komedo, misalnya produk susu dan makanan dengan indeks glikemik tinggi (kandungan gula dan lemak tinggi).

- Folikel rambut yang rontok karena cedera, misalnya akibat memencet jerawat, efek samping chemical peels (teknik pembersihan kulit dengan cara dikelupas menggunakan larutan kimia), atau efek samping perawatan laser.

Cara menghilangkan komedo secara alami adalah, yang pertama,(1) jaga pola makan yang sehat dan perbanyak konsumsi air putih. Lalu, (2) perhatikan kesehatan dan kelembaban kulit. Usahakan kelembaban kulit selalu terjaga sepanjang hari dengan menggunakan pelembab kulit yang alami dan mempunyai nutrisi yang cukup untuk menjaga kelembaban kulit sepanjang hari. (3) Hindari paparan sinar matahari langsung dalam waktu yang lama, jika anda sering beraktivitas diluar ruangan, pastikan kulit anda terlindungi oleh anti UV yang alami. (4) Jangan biarkan wajah anda kotor dalam waktu yang lama, terutama anda yang memiliki jenis kulit wajah yang berminyak. Minyak yang menutupi pori-pori, serta bakteri yang tinggal di kulit wajah, dapat memicu munculnya komedo dan jerawat. Jadi pastikan anda membersihkan wajah secara rutin dengan produk pembersih wajah yang alami dan dapat menyerap kelebihan minyak pada kulit wajah secara alami. (5) Jangan lupa membersihkan make-up di malam hari dan hindari memakai produk-produk perawatan tubuh yang megandung bahan kimia sintetis yang berbahaya. (6) Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk “scrubbing” wajah dan hidung sebagai penunjang skincare, misalnya: oleskan cuka apel di hidung, tunggu beberapa saat, lalu scrub hidung menggunakan Scrubber alami seperti campuran gula pasir dan madu.

Jangan lupa, perubahan hormone juga dapat memicu timbulnya komedo dan jerawat, jadi jangan sedih kalo terkadang komedo muncul meski kita sudah menjaga diri kita dari hal-hal yang dapat memicu komedo. Begitu juga dengan jerawat, sesekali muncul itu wajar sebagai akibat dari perubahan hormone yang sering terjadi pada perempuan, misalnya ketika sedang haid atau sedang hamil. So, jangan takut sama komedo dan jerawat!

dari telah membeli
sekitar lalu