Blog

Tampil Cantik Ketika Hamil Tanpa Khawatir

Ketika sedang hamil, mom tentu tetap ingin tampil cantik. Namun seringkali kita khawatir jika menggunakan produk-produk kecantikan karena bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Benarkah bahan kimia yang terkandung dalam produk kecantikan itu berbahaya bagi kehamilan? Jawabannya IYA. Banyak bahan-bahan kimia yang biasa terdapat pada produk-produk perawatan tubuh yang perlu mom hindari ketika hamil. Jadi, mom harus ekstra hati-hati dalam menggunakan produk kecantikan ketika sedang hamil. Berikut bahan-bahan yang harus Anda perhatikan dan hindari dalam pemakaian produk kecantikan.

1. Merkuri

Merkuri merupakan kandungan yang berbahaya dan tidak boleh ada di dalam produk kecantikan, bahkan saat tidak hamil. Merkuri dapat berdampak pada kerusakan sistem saraf dan gangguan perkembangan janin.

2. Salicyl Acid (BHA)

Salicyl acid biasanya terdapat pada produk penghilang jerawat dan dapat berbentuk sabun atau krim. Pemakaian dengan konsentrasi 2 persen masih dikategorikan aman, namun ibu hamil lebih baik menghindari penggunaan produk yang mengandung salycil acid.

3. Retinoid

Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang berfungsi mempercepat regenerasi kulit. Penggunaan retinoid dapat menyebabkan janin mengalami kecacatan fisik dan mental.

4. Benzoil Peroxide

Benzoil peroxide dapat diserap melalui kulit sebanyak 5 persen pada saat dioleskan. Walaupun belum ada penelitian mengenai bahaya penggunaan benzoil peroxide pada manusia, namun akan lebih baik jika ibu hamil menghindari penggunaan bahan ini.

5. Hydroquinone

Hydroquinone biasanya terdapat pada produk pemutih kulit yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Hydroquinone dapat menyebabkan kerusakan organ pada janin, sehingga akan lebih baik jika ibu hamil tidak menggunakan produk kosmetik pemutih kulit terlebih dahulu. 

6. Soy

Soy atau kedelai merupakan fitoestrogen yang dapat memperparah bercak hitam pada ibu hamil.

7. PABA

PABA atau Para Amino Benzoic Acid biasanya terdapat pada produk tabir surya. Produk yang memiliki kandungan PABA ini dapat menyebabkan keseimbangan hormon terganggu dan menjadikan kulit lebih gelap.

8. Benzophenone-3

Benzophenone-3 (Oxybenzone) juga terdapat pada beberapa tabir surya dan memiliki aktivitas seperti yang dilakukan hormon estrogen, juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

9. Rhodamin

Rhodamin biasa terdapat pada make up dengan warna mencolok. Pewarna ini terlarang bagi kosmetik karena sebenarnya merupakan pewarna untuk tekstil. Pemakaian rhodamin pada kosmetik dapat menyebabkan kanker kulit pada ibu dan kecacatan pada janin.

Now that you know, yuk mulai 2019 ini kita berikhtiar untuk hidup sehat, tidak cuma ketika hamil saja tapi dalam kehidupan kita sehari-hari. Pilih produk-produk perawatan tubuh yang sudah terbukti aman dan menggunakan bahan-bahan yang alami, selain tidak beresiko bagi kulit dan tubuh kita, produk berbahan alami juga baik untuk lingkungan karena limbahnya daat terurai secara organik di tanah. Yuk, tunggu apalagi!

dari telah membeli
sekitar lalu