Blog

Virgin Coconut Oil, Perasan Buah Kelapa Penuh Manfaat

August 1, 2018
Virgin Coconut Oil, Perasan Buah Kelapa Penuh Manfaat image

Fahrizal, warga Desa Anyar, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat menandatangani perjanjian kerjasama antara kelompok petani kelapa dengan Ocean Fresh pada tanggal 9 Januari 2016. Perjanjian ini ditandatangani 6 bulan setelah rangkaian kegiatan pemetaan sosial dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan PT Newmont Nusa Tenggara yang diakhiri dengan ‘Pelatihan Pengolahan Virgin Coconut Oil (VCO) sebagai Bahan Dasar Pembuatan Kosmetik Berbasis Rumput Laut’.

 

Menduduki peringkat atas sebagai daerah penghasil kelapa kopra di Indonesia, Sumbawa Barat seringkali dihadapkan dengan peluang untuk mengembangkan produk kelapa kopra menjadi produk yang bernilai jual tinggi. Hal tersebut menginisiasi Pelatihan pengolahan VCO ini. Berjalannya kegiatan ini tak lepas dari peran para stakeholders, meliputi IPB, Pemkab Sumbawa Barat, PT NNT, dan Ocean Fresh untuk mengangkat potensi lokal yang dapat meningkatkan perputaran ekonomi setempat. Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah meningkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat.

 

VCO sendiri dikenal memiliki banyak kandungan alami untuk tubuh dan ramah tanpa efek samping pemakaian. Minyak ini banyak digunakanan pada produk-produk kecantikan sebagai pelembab kulit tubuh. Kandungan alami VCO seperti triglycerides dan omega 3 bisa memberikan kelembaban yang tahan lama pada kulit. Kita juga bisa menggunakan VCO sebagai minyak pijat, make-up remover, mengurangi kerutan di wajah, mencegah bakteri dan jamur di kulit, dan body scrub alami.

 

Sebagai produsen kosmetika yang memanfaatkan bahan-bahan alami yang dihasilkan dari Indonesia, Ocean Fresh senantiasa bekerjasama dengan kelompok masyarakat setempat guna memastikan ketersediaan bahan baku berkelanjutan untuk produksi kosmetik dan pangan fungsional. Aspek inilah yang melatar belakangi penandatanganan perjanjian kerjasama antara Ocean Fresh dengan kelompok pengolah setempat. Perjanjian tersebut memastikan kedua belah pihak mendapatkan manfaat yang saling menguntungkan. Beberapa hal yang menjadi titik berat adalah kepastian pasar, baik jumlah maupun harga produk. Sementara itu, kualitas menjadi hal yang mendapatkan sorotan dari Ocean Fresh karena hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kualitas produk akhir dari Ocean Fresh khususnya produk kosmetik dan perawatan kulit.

dari telah membeli
sekitar lalu