Blog

Sentuhan Rumput Laut Coklat Cerahkan Wajah

August 2, 2018
Sentuhan Rumput Laut Coklat Cerahkan Wajah image

Rumput laut merupakan sumberdaya hayati yang melimpah di perairan Indonesia. Rumput laut merupakan salah satu sumber daya hayati yang sangat melimpah di perairan Indonesia yaitu sekitar 8,6% dari total biota laut (Dahuri, 1998). Luas wilayah yang menjadi habitat rumput laut di Indonesia mencapai 1,2 juta hektar atau terbesar di dunia (Wawa, 2005). Ekspedisi Laut Sibolga yang dilakukan pada tahun 1899-1900 melaporkan bahwa Indonesia memiliki kurang lebih 555 jenis dari 8.642 spesies rumput yang terdapat di dunia.

Rumput laut dari kelas rumput laut merah menempati urutan terbanyak dari jumlah jenis yang tumbuh di perairan laut Indonesia yaitu sekitar 452 jenis, setelah itu rumput laut hijau sekitar 196 jenis, dan rumput laut coklat sekitar 134 jenis. Dibalik peran ekologis dan biologisnya dalam menjaga kestailan ekosistem laut serta sebagai tempat hidup sekaligus perlindungan bagi biota lain, golongan rumput laut ini memiliki potensi ekonomis yaitu sebagai bahan baku dalam berbagai industri.

Meskipun rumput laut coklat memiliki jumlah terendah dibandingkan kelompok lainnya, manfaat yang didapat dari rumput laut coklat tidak kalah dibanding dengan lainnya. Pada tahun 2014, Prof. Linawati Hardjito ‘Ibu Bioteknologi Indonesia’ menginisiasi penelitian guna menemukan manfaat dari rumput laut coklat. Setelah melewati 3 penelitian, akhirnya ditemukan manfaat tertinggi dari rumput laut coklat adalah sebagai inhibitor tirosinase (baca: pencerah kulit).

Di dalam industri kecantikan dikenal setidaknya dua bahan alami yang memiliki fungsi sebagai pencerah yaitu arbutin dan kojic acid. Keduanya banyak digunakan dalam produk-produk pencerah alami. Baru-baru ini BPOM sebagai institusi pemerintah yang mengatur regulasi produk kecantikan, menemukan adanya ketidakstabilan pada arbutin apabila terkena sinar matahari, sehingga produsen produk kecantikan mulai mempertimbangkan untuk menggunakan bahan alami lain yang memiliki kestabilan lebih tinggi dibandingkan arbutin.

Membandingkan kojic acid dengan ekstrak rumput laut coklat, keduanya memiliki kemampuan yang sama efektifnya dalam menghambat enzim tirosinase yang berperan dalam memproduksi melanin dalam tubuh yang berdampak pada meningkatnya pigmen warna dalam kulit manusia. Hasil penelitian ini memberikan angin segar bagi para produsen produk kecantikan untuk dapat menawarkan produk pencerah alami dengan kualitas yang lebih dari produk sebelumnya dan tidak akan memberikan efek samping bagi para penggunanya.

Ocean Fresh adalah salah satu diantara produsen yang telah memanfaatkan hasil penelitian tersebut untuk menciptakan produk pencerah dengan kemampuan yang lebih tinggi dan stabil. Brightening Cream ‘Ocean Fresh’, kami menyebutnya, satu-satunya produk dalam negeri yang telah menggunakan ekstrak rumput laut coklat tersebut dan telah tersertifikasi oleh BPOM dan Halal LPPOM-MUI. Dengan produk ini kami ingin memastikan masyarakat di sisi hulu yaitu petani dan di sisi hilir yaitu konsumen mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari hasil penelitian ini.  

 

dari telah membeli
sekitar lalu