Blog

Pentingnya Kasih Sayang Petani Pada Rumput Laut

August 14, 2018
Pentingnya Kasih Sayang Petani Pada Rumput Laut image

Dalam perspektif Ocean Fresh, setidaknya terdapat 4 pihak yang berperan penting terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir, yaitu akademisi, pelaku bisnis, pemerintah, dan komunitas masyarakat itu sendiri. Meskipun terdapat 4 pihak, pada akhirnya komunitas itulah yang akan menjadi penggerak utama yang akan meningkatkan kesejahteraanya. Dengan alasan itulah, Ocean Fresh selalu bergerak bersama dan senantiasa mendampingi para petani agar aktivitasnya dapat memberikan dampak yang signifikan.

 

Hal ini sejalan dengan konsep perdagangan rumput laut, dimana petani akan menjadi ujung tombak dari kegiatan perdagangan tersebut. Ocean Fresh memiliki pemahaman bahwa petani adalah pemilik dari rumput laut yang diperdagangkan, meskipun perusahaan-perusahaan mengetahui bagaimana dan kemana rumput laut ini akan dipasarkan selanjutnya. Dengan konsep ini, maka sudah sepantasnya industri rumput laut menempatkan petani sebagai rekan ataupun mitra yang sejajar.

 

Pendekatan-pendekatan yang dilakukan oleh para pelaku industri rumput laut kepada petani sangat berpengaruh pada kebiasaan sehari-hari petani. Sebelum Ocean Fresh berdiri, Prof. Linawati Hardjito (Ocean Fresh Founder) telah bergelut dengan kehidupan para petani sejak tahun 2002. Sejak itu jugalah, Prof. Linawati banyak mendapatkan pembelajaran bagaimana hubungan pelaku industri rumput laut dengan petani sangat berpengaruh terhadap etos kerja petani itu sendiri. Proses pembibitan rumput laut pun perlahan berubah menjadi proses pengembangbiakan yang penuh dengan kasih sayang. Cara tanam tradisional mengajarkan semakin dekat jarak tanam rumput laut satu dengan yang lain, semakin terkait rumput laut satu dengan yang lain, semakin baik pula pertumbuhan rumput laut. Secara teori budidaya rumput laut, hal ini sangat menyalahi cara tanam rumput yang baik dan benar. Cara terbaik untuk mendapatkan pertumbuhan rumput yang optimal adalah dengan memberikan ruang ‘gerak’ dan ruang ‘bernafas’ seluas-luasnya. Dengan menekankan pada pendekatan sejajar kepada petani, petani pun akan sangat mudah menerima perubahan cara tanam ini. Kami menyebutnya tahapan ini dengan proses penuh dengan ‘kasih sayang’. Jika kita mau menyayangi petani dengan penuh ketulusan, maka petani pun akan tulus menyayangi rumput laut yang dikembangbiakannya.

 

Terdengar seperti omong kosong ketika berbicara mengenai kasih sayang terhadap rumput laut, tetapi kami dapat memberikan bantahan dengan data-data aktual yang kami dapatkan di lapangan. Fajar, salah satu petani yang sudah bekerja bersama dengan Prof. Linawati sejak tahun 2002, berhasil membuktikan bahwa cara tanam dengan ‘kasih sayang’ dapat menghasilkan tumbuh kembang rumput laut yang meningkat signifikan dibandingkan dengan cara tradisional. Rasio pertumbuhan yang berkisar antara 1:5 hingga 1:7 meningkat jauh hingga 1:14, sekurang-kurangnya meningkat hingga 100%. Produk yang dihasilkan dibandingkan dengan hasil panen yang rata-rata berkisar di angka 20%, saat ini meningkat hingga 30%. Setidaknya meningkat sebesar 33%. Angka-angka tersebut belum menjelaskan hingga pendapatan petani meningkat secara signifikan. Fajar menyampaikan pendapatan para petani bisa meningkat sekurang-kurangnya sebesar Rp 1.000.000,- dengan memperlakukan rumput laut penuh dengan kasih sayang.

 

Dengan adanya pengalaman di atas, kami mendapatkan pembelajaran bahwa hubungan antara pihak yang penuh dengan kasih sayang dan sepenuh hati akan menghasilkan manfaat bagi seluruh pihak yang meningkat jauh di atas rata-rata.



dari telah membeli
sekitar lalu