Blog

Pandan Laut, Tanaman Tangguh Penuh Manfaat

August 9, 2018
Pandan Laut, Tanaman Tangguh Penuh Manfaat image

Pandanus tectorius atau disebut juga pandan tikar atau pandan duri merupakan tanaman dari kawasan Australia Timur dan Kepulauan Pasifik tumbuh alamiah di sekitar pantai pasifik Polinesia, Mikronesia, Melanisia, dan Australia pada ketinggian hingga 600 mdpl. Tanaman ini dapat tumbuh baik dengan intensitas cahaya matahari penuh di tanah gambut, tanah berkapur dan tanah pesisir dengan kadar garam tinggi, serta tahan terhadap hembusan angin kencang.

Di Hawaii, tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat, ujung akar gantungnya di jus untuk mengatasi scrofula (infeksi tuberkulosis kulit leher yang disebabkan oleh mikroba (Mycoacterium tuberculosis), sedangkan jus akar yang dicampur dengan bunga jantan yang sudah ditumbuk dan diberi minyak kelapa dapat digunakan sebagai pencahar. Tidak hanya itu, kulit buahnya yang telah dimasak dapat digunakan juga untuk menyembuhkan masalah saluran kemih.

Di Fiji, teh yang terbuat dari daun pandanus diminum sebagai obat diare dan saringan cairan pada akar gantung dapat diminum untuk menyembuhkan asma dan sakit pinggang.Minuman dari cairan akar gantung yang tumbuh di pangakal batang dicampur dengan kulit kayu bagian dalam dapat menyembuhkan serangan jantung.

Prof. Linawati Hardjito pun tentunya mendapatkan tantangan dengan melihat potensi tanaman pandan laut yang banyak tersebar di pesisir Indonesia. Pada tahun 2004, Prof. Linawati memulai penelitian untuk menemukan bahan aktif lain dari pandan laut yang dapat dimanfaatkan dalam produk-produk kecantikan. Tepat lima tahun setelahnya, pada tahun 2009, Prof. Linawati mendaftarkan hasil temuannya untuk dipatenkan dengan judul “Ekstrak, Proses Pembuatan dan Penggunaan Pandan Laut (Pandanus tectorius) Sebagai Bahan Pewarna Alami, Antioksidan, dan Antikanker”. Pandanus sp mengandung pewarna alami karotenoid yang larut minyak. Minyak Pandanus dapat berfungsi sebagai antioksidan dan sebagai inhibitor topoisomerase yang menghambat pertumbuhan sel kanker. Bila diaplikasikan pada produk kosmetik, selain sebagai pewarna alami ekstrak pandanus juga mencegah kerusakan kolagen dan kanker kulit karena radikal bebas. 

Ekstrak pandan laut banyak digunakan pada produk-produk Ocean Fresh, diantaranya Collagen Face Mask, Replenishing Night Cream, Nourishing Body Cream, Conditioning Cream Shampoo, dan Lip Moisturizer.

 

dari telah membeli
sekitar lalu